メインイメージ画像

Sangat penting untuk melihat kondisi sekitar bangunan properti dengan mata kepala Anda sendiri

Pada saat mulai tinggal sendiri atau pada saat akan tinggal berdua seteah menikah, biasanya orang akan meminta bantuan agen properti untuk mencarikan properti tempat tinggal. Cara untuk mencari properti pertama-tama kita harus menentukan 5 hal tentang kriteria wajib yang tidak bisa diganggu gugat dalam diri kita sendiri, misalnya uang sewa, apakah toilet dan kamar mandinya terpisah atau tidak, jumlah kamar, jumlah lantai, lokasi, dll. Tentukanlah urutan dari beberapa kriteria tersebut berdasarkan apa yang menurut kita paling penting dan tuliskanlah di secarik kertas. Setelah itu, kita tidak usah terburu-buru mendatangi agen properti, tapi cari dulu properti yang sesuai keinginan kita di internet. Setelah menemukan properti yang kita sukai, barulah kita meghubungi agen properti.

Pada saat itu, bila kita sudah memberitahukan kriteria yang kita inginkan kepada agen properti dan ada rekomendasi properti lain, sebaiknya kita juga mengatakannya saat kita datang berkunjung. Pada saat datang berkunjung, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan situasi dan kondisi di sekitar properti tersebut. Sangat penting untuk melihat dengan mata kepala kita sendiri apakah kita bisa menjemur cucian di teras rumah, apakah ada tempat parkir atau tidak, apakah keamanannya baik atau tidak, dll. Sebisa mungkin kita mengingat tempat dan lokasi properti tersebut. Bila memang ingin tinggal di sana, ada baiknya kalau kita mencoba datang lagi ke sana di malam hari. Dengan begitu kita jadi bisa memeriksa bagaimana situasinya di malam hari, apakah lampu penerangannya cukup atau tidak. Untuk propertinya sendiri, kita juga harus memperhatikan kondisi dari saluran air dan kamar mandinya. Sebaiknya kita juga melihat sambil membayangkan kehidupan yang akan kita jalani kalau kita jadi pindah ke sana.

Yang terakhir yang juga tidak kalah penting adalah soal harganya. Ada baiknya mencoba bernegosiasi terlebih dulu soal uang sewanya. Karena mulai dari bulan Februari sampai April biasanya adalah masa-masa high season (masa-masa tahun ajaran baru di Jepang), maka akan sedikit sulit untuk bernegosiasi soal harga. Namun karena pada waktu musim panas ataupun musim gugur adalah masa-masa low season, maka kita bisa bernegosiasi soal harga pada saat itu. Lalu, penting juga untuk memeriksa surat kontrak dengan teliti misalnya tentang sejauh mana kewajiban untuk melakukan perbaikan saat keluar dari properti tersebut.

Kita tidak bisa mengganggap sepele biaya reparasi pada saat pindah dari properti tersebut. Ketika akan keluar dan pindah ke tempat baru, kita harus memperhatikan kondisinya dan berusaha meminimalkan biaya reparasi sehingga uangnya bisa digunakan untuk tempat tinggal yang baru. Terakhir, ada agen properti yang responsnya kurang bagus dan agak curang. Karena bila harganya terlalu tinggi dan malah akan mempengaruhi kehidupan kita di kemudian hari, sebaiknya kita pindah saja ke agen properti lain yang lebih baik dan lebih ramah.>

history

2015.10.09
»updated.
2015.10.14
»added.
2016.05.06
»added.