メインイメージ画像

Untuk jangka pendek, yang lebih menguntungkan adalah sewa properti

Pada saat memikirkan apakah sebaiknya kita membeli atau menyewa properti, kita perlu memahami bahwa keduanya memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Sudah tentu hal itu tergantung juga berdasarkan jenis propertinya, apakah berupa rumah biasa atau sebuah mansion. Pertama-tama, kami akan menjelaskan tentang keuntungan dari menyewa properti. Keuntungan itu bisa kita lihat dari prosedurnya dan juga dari posisi serta pola pikir dari orang yang akan menyewa. Jika kita menyewa properti, maka properti itu tidak akan pernah menjadi milik pribadi kita. Tentu saja ada saatnya kita dipindahtugaskan ke daerah lain saat bekerja atau bila ingin menempati properti untuk jangka pendek seperti misalnya tempat tinggal saat berkuliah selama 4 tahun atau tempat tinggal saat mulai bekerja, sebaiknya kita memilih properti sewaan saja.

Pada saat itu juga kita harus menentukan jenis properti yang akan kita sewa, apakah berupa mansion atau berupa rumah biasa. Namun, pada saat memilih jenis properti yang akan kita sewa, kita harus punya gambaran berapa lama kita akan tinggal di situ. Bila misalnya saja kita bermaksud untuk tinggal di situ selama 20-30 tahun dan ada rencana untuk pindah setelahnya, mungkin membeli akan jauh lebih baik daripada menyewa. Alasannya adalah soal harga dan uang.

Pemberian pinjaman kredit itu biasanya hanya sampai 30 tahun. Bila kita ingin tinggal untuk jangka panjang dan kemudian mengajukan kredit dan berhasil menuntaskan pembayaran pinjaman kredit tersebut namun masih ingin untuk menyewa, maka akan lebih besar keuntungannya kalau kita membeli properti. Hal itu karena properti memiliki nilai aset. Jadi bila kita ingin pindah ke tempat lain, karena kita bisa dengan mudah menyerahkan seluruh prosesnya pada agen properti, maka kita juga bisa menjualnya.

Sebaliknya, bila ingin tinggal di properti sewa untuk jangka panjang, tidak ada pemikiran untuk menjualnya dalam keadaan mendesak dan ada kemungkinan ada biaya perbaikan yang harus dibayar pada waktu meninggalkan properti itu. Namun bila dari awal memang sudah bermaksud untuk membeli, berarti orang itu mungkin sudah memahami bahwa untuk jangka panjang memang akan lebih menguntungkan membeli daripada menyewa dan itu berlaku baik untuk rumah biasa maupun mansion. Saat kita memikirkannya secara menyeluruh, maka kita harus memutuskan apakah akan membeli atau menyewa berdasarkan gaya hidup kita dan pengelolaan asetnya. Sudah pasti bahwa pertimbangan itu akan berubah sesuai dengan tahapan kehidupan seseorang.

history

2015.10.09
»updated.
2015.10.14
»added.
2016.05.06
»added.